Abon ABWEN

Abon ABWEN
All varian

Sabtu, 05 Agustus 2017

3 Abon Populer di Masyarakat Indonesia


Abon merupakan makanan olahan dari daging yang digoreng dan ditiriskan minyaknya sehingga kering dan awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama. Adapun untuk jenis – jenis abon yang populer di masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut:


Abon yang terbuat dari daging sapi ini adalah jenis abon yang paling populer di Indonesia. Sebagian besar orang pasti pernah mendengar ataupun mengetahui abon sapi. Meskipun cukup terkenal, abon ini hanya dikonsumsi masyarakat dengan tingkat ekonomi yang mapan. Dikarenakan harga abon sapi ASLI yang sangat mahal dapat mencapai Rp450.000,00 per kilogramnya. Oleh karena itu abon sapi ini yang paling terancam dengan adanya abon sapi ‘oplosan’ alias campuran / palsu agar dapat dijual murah di masyarakat. Namun, abon sapi ‘oplosan’ tentu memiliki rasa/kualitas yang sangat jauh dibandingkan abon sapi ASLI. Istilahnya orang jawa “rego nggowo rupo”.
Abon sapi telah tersebar luas di masyarakat. Hampir seluruh supermarket ataupun minimarket terdapat abon sapi. Tersedia berbagai macam merek abon sapi yang masyarakat dapat membandingkan sendiri kualitas dan rasanya.
Abon sapi memiliki rasa dan aroma yang kuat. Rasa yang sangat mudah dibedakan dengan abon – abon jenis lainnya. Produsen Abon sapi pada umumnya menggunakan bumbu – bumbu yang hampir mirip seperti bawang merah, bawang putih, gula, garam, rempah dan sebagainya. Ada menggunakan MSG (Bahan Kimia Penyedap atau Penguat Rasa), ada juga yang tanpa MSG sehingga lebih aman dan menyehatkan.
Abon sapi dapat dikonsumsi hanya dengan nasi putih hangat sebagai sarapan, cocok untuk segala usia terutama anak – anak dan lansia, penambah nafsu makan dan gizi, dan lauk yang praktis untuk dibawa saat bepergian.


2. Abon Ayam

Abon yang merupakan hasil olahan daging ayam ini mendapat respon yang bagus di masyarakat. Daging ayam adalah makanan sehari – hari masyarakat Indonesia sehingga nama abon ayam sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Daging ayam yang dipergunakan untuk abon ayam tidak sembarang daging. Harus daging pilihan di bagian dada ayam dan tidak bisa dari bagian yang lain. Hal ini dikarenakan tekstur lembut daging dada ayam sangat cocok untuk abon. Selain itu jumlah daging ayam terbanyak terdapat pada dada ayam sehingga lebih ekonomis untuk diproduksi.

Abon ayam dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang keberatan membeli abon sapi. Harga abon ayam ASLI di pasaran berkisar antara Rp 125.000,00 – Rp 200.000,00 per kilogramnya.

Tidak semua abon ayam bebas pengawet dan MSG (Bahan Kimia Penyedap atau Penguat Rasa), hanya produsen abon ayam tertentu saja yang berani tanpa MSG dan tanpa Pengawet. Bumbu – bumbu yang digunakan mirip dengan komposisi abon lainnya seperti bawang merah, bawang putih, gula dan garam.

Abon ayam dapat dikonsumsi hanya dengan nasi putih hangat sebagai sarapan, cocok untuk segala usia terutama anak – anak dan lansia, penambah nafsu makan dan gizi, dan lauk yang praktis untuk dibawa saat bepergian.
 


Abon jenis ini cukup populer di masyarakat Indonesia karena memiliki Protein yang tinggi, kaya omega 3, rendah lemak dan kolesterol. Abon yang menyehatkan untuk balita, anak – anak, ibu hamil dan menyusui hingga lansia. Kandungan protein ikan lele dapat membantu penyembuhan luka dan untuk pertumbuhan anak usia sekolah dasar. Namun, karena persepsi masyarakat yang negatif terhadap ikan lele membuat abon ini kurang begitu diminati masyarakat luas.
Ikan lele memang memiliki harga yang murah dan terjangkau, namun ketika diproses menjadi abon harga abon lele dapat menyamai harga abon ayam bahkan dapat melebihnya. Hal ini dikarenakan banyaknya penyusutan daging lele hidup menjadi daging lele untuk abon. Daging lele mengandung banyak air yang harus dihilangkan untuk diproses menjadi abon. Sebagai gambarannya lele hidup 35 kg, ketika diproses menjadi abon hanya menjadi 9 kg. Prosentase hanya 25,7% saja. Bandingkan dengan daging ayam yang prosentasenya dapat mencapai 45%. Hal tersebut yang membuat harga abon lele dapat melambung sejajar dengan abon ayam. Harga abon lele ASLI di pasaran berkisar antara Rp 125.000,00 – Rp 200.000,00 per kilogramnya.
Abon lele masih belum dipasarkan secara luas di pasar modern karena permintaan abon lele yang agak rendah. Pada umumnya, abon lele dijual secara online ataupun secara pesanan saja.
Abon ABWEN adalah pilihan yang tepat bagi anda karena ASLI 100% dan diproses TANPA MSG (Penyedap Rasa), TANPA PENGAWET, TANPA PEWARNA dan TANPA PEMANIS BUATAN. Dijamin rasanya enak dan bergizi. Selamat Mencoba!!! Klik disini





Tidak ada komentar:

Posting Komentar